Metode Gampang Menulis serta Publikasi Postingan Review di Harian Ilmiah

Salah satu wujud Postingan Ilmiah yang dapat kita buat merupakan Postingan Review/ Tinjauan dari riset terdahulu dalam satu topik riset yang sama. Umumnya ditulis oleh author/ penulis yang memiliki pengalaman mempelajari di topik postingan reviewnya.

Tetapi mengerti kah kamu? Postingan review pula bisa ditulis selaku fasilitas buat mengawali riset pada topik yang hendak diteliti. Dengan kata lain, bab tinjauan pustaka pada skripsi, tesis, ataupun disertasi dapat diterbitkan dalam wujud review article.

Prinsipnya merupakan buatlah review postingan dengan bahasan yang memiliki kebaruan serta belum sempat terbit dimanapun.

1. Memahami format postingan review

Saat sebelum mengawali buat menulis, hendaknya paham serta menguasai struktur postingan review ataupun format yang hendak terbuat. Umumnya terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan/ latar balik, isi/ ulasan, serta kesimpulan. Format ini hendak sedikit berbeda bergantung dari jurnalnya format review jurnal .

2. Memilah sasaran harian ataupun contoh postingan review cocok topik postingan yang hendak dibuat

Saat sebelum mulai menulis, hendaknya memastikan sasaran harian ataupun memilah contoh postingan review yang baik serta terbit 2 tahun terakhir pada topik yang sebidang ilmu. Bila harian nasional dapat dicari di web Sinta Ristekdikti. Sebaliknya buat harian internasional dapat di sciencedirect. com, pubmed. com, scopus. com, tandfonline. com, springerlink. com, ebsco, serta yang lain.

3. Pelajari struktur format artikel

Sehabis memperoleh 1 postingan review, pelajari struktur format penyusunan heading/ judul pokok bahasan, subheading/ sub pokok bahasan, serta jadian selaku acuan buat penyusunan nanti.

Baca ini yuu: academia.co.id

Strategi Ampuh Metode Kilat Tingkatkan H- Indeks Scopus

4. Buat mind mapping buat mencari story line

Review article yang baik tentu hendak mempunyai alur cerita/ story line. Carilah serta belajar terlebih dulu buat mencari alur cerita.

Umumnya alur cerita di abstrak ialah alur cerita mini dari alur cerita secara totalitas. Alur cerita postingan review hendak diawali dari pendahuluan, ulasan isi sampai kesimpulan.

Mind mapping merupakan alur benak/ cerita penulis yang wajib kita temukan. Triknya, buat skema/ foto dengan keyword 1- 2 kata serta tidak boleh wujud paragraf.

5. Buat mind mapping saat sebelum menulis postingan review

Sehabis paham gimana metode membuat mind mapping. Rancanglah buat topik postingan yang hendak kita buat. Judul artikelnya dapat didetetapkan belum lama.

Pastinya mind mapping ini sembari mengumpulkan artikel- artikel riset yang hendak dibahas, minimun 50 postingan. Simpanlah di aplikasi rujukan manajer semacam mendeley, endnote, zootero ataupun yang lain.

6. Buat rancangan format judul sub topik

Rancanglah judul- judul isi yang hendak dibahas. Semacam abstrak, pendahuluan, pokok bahasan, sub pokok bahasan, kesimpulan.

Baca Juga : Kursi Toilet Baru Memberikan Kecemerlangan pada Kamar Mandi Anda

7. Mulailah menulis

Sebagian penulis terdapat yang mengawali dengan menulis judul serta abstrak, pastinya bersumber pada mind mapping yang sudah terbuat. Anjuran aku, abstrak hendaknya langkah terakhir, tetapi judul agresif tentukan dari dini.

Mulailah menulis, sebab ini yang sangat susah.. tidak terdapat postingan ilmiah yang terpublikasikan bila menulis tidak lekas diawali.

8. Proses review internal serta proof reading

Hendaknya dialog dengan pembimbing ataupun para senior, periset lain buat review postingan ataupun apalagi jasa proof reading saat sebelum mempublikasikan postingan ilmiah nya. Sehabis itu… silahkan submit ke harian yang hendak dituju.. bismillah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *